Sejarah sepakbola Indonesia

Sepak Bola Indonesia dimulai sejak tahun 1914 saat Indonesia masih dijajah oleh pemerintah Hindia Belanda. Kompetisi antar kota di jawa tersebut hanya di juarai oleh dua tim atau di dominasi dua tim saja, yaitu Batavia City, Soerabaja City.

Pada tanggal 19 April 1930, organisasi persepakbolaan Nasional terbentuk dengan nama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI yang diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo.

Tujuannya adalah menjadi wadah resmi bagi tim-tim sepakbola di seluruh Indonesia dalam meningkatkan kualitas sepakbola baik dari kemampuan pemain maupun manajemen setiap tim itu sendiri.

Pada tahun 1979, PSSI mulai menyelenggarakan kompetisi sepakbola semi profesional yang disebut dengan Galatama, singkatan dari Liga Sepak Bola Utama. Pamor Galatama dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Terlebih sejak dikeluarkannya pelarangan pemain asing, indikasi skandal beberapa klub, serta diperparah dengan merebaknya isu suap. Dengan kondisi tersebut, satu per satu klub Galatama mengundurkan diri dari kompetisi.

Hingga pada tahun 1994, terbentuklah sebuah Liga baru dalam kompetisi sepakbola Indonesia dengan nama Liga Indonesia. Liga ini terbentuk dari penggabungan Galatama dan Perserikatan.

Liga Indonesia diikuti oleh 42 tim yang berasal dari eks Galatama dan Perserikatan. Dari sekian banyak tim, eks Galatama yang paling mendominasi dalam perhitungan jumlah.

Dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri selain Liga Indonesia, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir.

Selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23). Sayangnya sejarah panjang sepakbola Indonesia belum mampu merubah prestasi sepak bola Indonesia di kancah internasional. Butuh manajemen bola yang bertekad untuk merubah Sepak Bola Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Demikian sejarah singkat tentang persebakbolaan dari jaman ke jaman. Untuk mengetahui lebih jauh tentang sepak terjang persebakbolaan di Indonesia, anda bisa mengakses tautan berikut : Berita Sepakbola Indonesia

Related Post

Sejarah sepakbola Indonesia
Read More
Read More